Kamis, 09 Mei 2013

"Pemko Gelar Festifal Musik Panting se Kota Banjarmasin"


Festifal Musik Panting: Inilah kegiatan musik panting yang diselenggarakan dalam rangka even tahunan dari Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga.
Banjarmasin, KP – Pemerintah kota Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga kembali menggelar festival musik panting untuk tingkat SMP dan SMA sederajat sekota Banjarmasin.
Kegiatan even tahunan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Pemko Banjarmasin diikuti oleh 12 group musik panting yang terdiri dari 6 group musik panting dari kelompok SMP dan 6 group musik panting SMA se kota Banjarmasin.
Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Pemko Banjarmasin Drs H Noorhasan mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dalam ranga mencari bibit-binbit daerah yang berbakat kelestarian daerah.
Jadi, katanya, festival musik panting yang di gelar di awal tahun 2011 ini merupakan program Dinas Pariwisata kota Banjarmasin dalam rangka upaya mencari bibit bibit generasi muda, kader seniman yang mencintai musik etnis banjar atau musik panting.
Bahkan, katanya, melalui ajang semacam ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan akan musik dan kebudayaan asli daerah lainnyadi kalangan generasi muda, yang hampir ditenggelamkan oleh budaya budaya asing.
Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs H Zulfadli Gazali saat membuka festival musik panting turut menyerukan bagaimana perlunya terobosan terobosan baru yang lebih inovatif guna mempertahankan keberadaan musik panting, seperti menjadikan musik panting sebagai kegiatan ekstra kulikuler di sekolah.
Selain itu, katanya, kegiatan ini disosialisasikan pemerintah saat ini, dengan mengadaptasi poco poco dalam gerakan Senam, maka bisa juga dicoba mengembangkan senam pagi dengan menggunakan musik panting.
Karena, ujarnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan musk panting yang diakui, kurang mengembirakan, maka improvisasi dan kretivitas, serta karya karya baru para pelaku musik panting di generasi muda, sangat dinanti nantikan.
Ditambahkan, katanya, festival musik panting tingkat SMP dan SMA sederajat tahun 2011 secara resmi dibuka oleh Seketaris Daerah Kota Banjarmasin Drs H Zulfadli Gazali yang ditandai dengan pemukulan gong juga setiap peserta yang tampil, membawakan sebuah  lagu pilihan dan sebuah lagu wajib.(vin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar