Kamis, 09 Mei 2013

Khataman Al Qur’an TPQ LPTQ Banjarmasin

Banjarmasin, Pelita Ihsan – Kelompok Kerja Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) dibawah binaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Banjarmasin adakan Khataman Masal Al Qur’an, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa (12/03) bertempat di aula Serba Guna Sabilal Muhtadin Banjarmasin.
M. Faizal, S.Pd.I selaku Ketua Kelompok Kerja TPQ LPTQ Kota Banjarmasin, dalam laporannya mengatakan bahwa khataman massal ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan program kerja yang telah disusun beberapa waktu yang lalu, dan untuk memberikan motivasi kepada anak-anak santri yang belum khatam, agar terpacu untuk rajin datang ke TPQ guna mengikuti pembelajaran Al Qur’an.
“Khataman Al Qur’an seperti ini merupakan tradisi dan budaya kita orang Banjar setiap kali khatam Al Qur’an. Dahulu ada yang melaksanakan menjelang acara perkawinan, akan tetapi sekarang ini jarang sekali hal itu dilakukan oleh orang yang akan melaksanakan perkawinan. Maka dari itu kami berharap agar kegiatan seperti ini selalu dilaksanakan secara bersama dan terus kita lestarikan,” ucap pak Faizal.
M.Faizal juga menjelaskan bahwa khataman Al Qur’an ini juga dirangkai dengan lomba mewarnai kaligrafi bagi anak-anak santri. “Jumlah santri yang ikut Khataman Al Qur’an kali ini sebanyak 195 orang, dan dalam kesempatan ini pula kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Walikota Banjarmasin, Kasubbag Keagamaan Kesra Pemko Banjarmasin, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pontren dan semua pihak yang hadir pada hari ini”, tutp Pak Faizal..
Ibu Dra. Hj. Kasniah Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pontren dalam sambutannya mewakili Kepala Kankemenag Kota Banjarmasin mengatakan bahwa, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya Khataman Al Qur’an bagi santri TPQ LPTQ yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) TPQ LPTQ ini, karena Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) saat ini ditangani oleh Seksi Pendidikan Diniyah dan Pontren.
“Dahulu TPQ ini diurusi oleh Seksi Penamas, sekarang jumlah TPQ yang ditangani oleh seksi kami sebanyak 150 buah, semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini mudah-mudahan mereka semua menjadi insani qur’ani, yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan keagamaan,” ucap beliau.
Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Bapak H. M. Irwan Anshari, yang berkenan hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa setiap tahunnya anak-anak santri banyak yang khatam Al Qur’an.
“Kita sangat bangga dan gembira dengan hasil kerja para pembina/pengajar Al Qur’an di TPAmaupun TPQ, baik yang dikelola oleh TPQ LPTQ ataupun BKPRMI. Semua adalah untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pembinaan buta huruf Al Qur’an, bagi santri yang khatam jangan berhenti sampai disitu saja, lanjutkan lagi kejenjang berikutnya atau ikut bidang tilawah maupun tahfizh agar nantinya diharapkan dapat menjadi Qari-Qariah, Hafizh-Hafizhah yang dapat mengharumkan nama daerah kita di tingkat Nasional ataupun Internasional, kepada para santri saya berharap jangan khatam saja, akan tetapi perlu mengkaji lagi tentang artinya, Al Qur’an adalah merupakan pedoman hidup kita umat Islam, karena itu sangat perlu dikaji dan dipelajari dengan sepenuh hati. Kami ingin sekali ada kegiatan khataman Al Qur’an gabungan antara TPQ LPTQdengan TPA BKPRMI supaya lebih meriah acaranya,” harap beliau dalam sambutannya.
Turut berkenan hadir dalam acara ini Kasubbag Keagamaan Pemko Banjarmasin, beberapa orang Kepala Seksi dilingkungan Kankemenag Kota Banjarmasin, dan semua Kepala TPQ LPTQ Se-Kota Banjarmasin. (Amien/Abdie/Sld)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar